Jenis – Jenis Karpet Yang Sering Di Gunakan

Jenis karpet

Jenis – Jenis Karpet Yang Sering Di Gunakan

Jenis karpet

Istilah karpet itu sendiri berasal d ari bahasa Itali kuno yaitu carpita/carpire yang berarti membului. Definisinya secara umum, karpet adalah sejenis tekstil penutup lantai yang terdiri dari bagian atas (berbulu) yang melekat pada bagian alas dibawahnya, banyak orang yang memilih melapisi lantai dengan menggunakan karpet. Selain untuk mempercantik ruangan, karpet juga dapat memberikan kehangatan pada ruangan.

Jika salah memilih karpet, akibatnya bisa fatal dalam tampilan, kesan dan kenyamanan. Jadi, Ada baiknya untuk mengenali beberapa jenis bahan karpet sebagai bahan pertimbangan sehingga tidak salah saat memilih.

Jenis – jenis karpet

  • Karpet Tile

Karpet ini dibentuk menyerupai ubin atau keramik dengan garis-garis dan warna yang berkesinambungan dari satu tile ke tile yang lainnya sehingga terkesan sederhana tetapi elegan. Karpet jenis ini biasa terdapat di ruangan-ruangan yang cukup luas seperti ruangan meeting atau balroom digedung perkantoran.

  • Karpet Meteran

Karpet ini dijual berdasarkan meteran dan berbentuk persegi panjang dengan ukuran-ukuran yang disesuaikan dengan pesanan. karpet meteran biasanya digunakan untuk sajadah mushola atau tempat lainnya.

  • Karpet Permadani

Karpet ini biasanya digunakan diruangan-ruangan santai seperti ruang tamu, kamar tidur. Selain digunakan untuk mempercantik ruangan  atau alas furniture, Karpet permadani biasanya juga untuk alas duduk dan bersantai di ruang keluarga.

  • Loop pile (dianyam)

Karpet ini memiliki bulu yang menyambung atau dianyam, dibuat dengan mesin modern, namun ada juga yang menggunakan tsulaman tangan.

  • Loop Tuften (Berumbai)

Karpet jenis ini biasanya dibuat menggunakan mesin dan memiliki bulu seperti rambut atau tidak dianyam.

  • Karpet Sutra

Karpet ini terbuat dari bahan alami dengan kualitas tinggi, berbahan halus dan tampilannya selalu didesain mewah dengan coraknya warna yang kuat.  Cocok untuk kamu yang memiliki selera tinggi dan ingin memberikan estetika terbaik untuk ruangan.

  • Karpet Nilon

Penggunaan karpet nilon dapat menghemat biaya, baik dalam pembelian ataupun dalam perawatan, Penggunaannya awet dan tahan terhadap noda, jamur, serta lumut. Nilon mudah dibersihkan, diganti maupun dipindahkan.

  • Karpet Wol

Kelebihan karpet berbahan wol ini adalah ketebalannya yang menjadikan karpet berbahan wol lebih awet dan bisa tahan lama. Bila perawatannya baik, wol bisa bertahan hingga 30 tahun atau lebih. Namun, harganya masih tergolong mahal.

 

Semoga Bermanfaat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.