Memilih Gorden Untuk Menyiasati Ruang Sempit

Memilih Gorden Untuk Menyiasati Ruang Sempit

Gorden dalam sebuah rumah memiliki fungsi ganda, fungsi pertamanya ialah untuk melindungi bagian dalam rumah. Baik dari cahaya matahari yang terlalu menyilaukan dan terasa panas pada siang hari, maupun dari pandangan orang sekitar. Rumah yang jendelanya tidak diberi gorden akan terlihat seperti aquarium raksasa sehingga penghuninya tidak memiliki privasi. Sementara fungsi tambahannya ialah untuk mempercantik dekorasi rumah, sehingga dalam memilih gorden perlu sedikit pertimbangan.

Memilih Gorden Untuk Menyiasati Ruang Sempit

Pemilihan warna yang disesuaikan konsep

Rumah dengan konsep minimalis membutuhkan perpaduan warna yang minim atau sedikit, terlalu banyak akan memakan ruang. Walaupun hanya dari segi kesan, namun perpaduan warna yang terbatas mampu menghemat kesan ruang supaya lebih melebar. Rumah minimalis merupakan konsep modern dan mulai marak beberapa tahun belakangan ini. Ketika hendak memasang gorden rumah minimalis pastikan memilih warna yang senada dengan perabot dan cat dinding. Warna yang natural dan ringan sekaligus saling melengkapi memberikan kesan teduh ada ruang yang kecil.

Panjang gorden menutup semua bagian kaca jendela

Ruangan yang hadir dengan ukuran minimalis perlu beberapa kiat untuk menjadikannya terlihat lebih lapang dari sebenarnya. Kiat sederhananya adalah memilih gorden dengan panjang yang tepat, yakni menutupi semua bagian jendela, terutama kaca. Lebih aman lagi jika gorden dibuat menjuntai lebih panjang sehingga memberikan kesan kaca jendela lebar. Kesan ini akan menjadikan ruangan yang tadinya sempit terasa lega dan juga sejuk karena pentilasinya terkesan banyak.

Memilih motif yang juga minimalis

Gorden yang dipasang pada rumah bergaya minimalis sebaiknya mempertimbangkan motif minimalis, atau lebih aman gorden tanpa motif atau polos. Warna modern seperti cream, abu-abu muda, biru muda, dan warna lembut sangat cocok untuk rumah minimalis.

Motif yang disarankan pun sebaiknya yang minimalis juga, misal gorden dengan motif garis vertikal dengan perpaduan beberapa warna. Pemilihan warna yang bercampur pun sebaiknya tidak terlalu banyak, maksimal dua warna sudah cukup. Terlalu banyak warna dan motif yang terlalu ramai akan membuat kesan ruangan yang sudah kecil semakin sempit. Namun, ketika motif yang dipilih sudah sesuai dengan gaya minimalis dan sederhana akan menyediakan ruangan yang terkesan lebih lapang.

Semoga Bermanfaat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.