Mengenal Beberapa Jenis Tirai Jendela

Mengenal Beberapa Jenis Tirai Jendela

Jendela adalah bagian dari rumah yang fungsinya untuk pencahayaan, sirkulasi udara dan untuk mempercantik rumah. Penutup jendela atau kadang disebut juga sebagai tirai untuk mengontrol jumalah cahaya dan debu yang masuk. Tirai atau penutup jendela dibagi nebjadi beberapa golongan :

Vitrage

Vitrase merupakan salah satu bentuk dari tirai, yang cenderung menggunakan bahan yang ringan dan tipis, seperti renda atau brokat , kain parasut sutera, organdi, nilon, nilon polyester, dan kain sintetis. Jenis kain yang lebih kasar dan bertekstur meliputi kain cita (kain kasa tipis), kain katun tipis, kain tenun, dan kain putih tipis. Inilah yang membedakan vitrase dari gorden, yang umum menggunakan bahan yang tebal, berat, dan rapat, seperti batik, beludru, belacu, jeans, sutera dan lain sebagainya.

Gordyn

Tirai yang sering digunakan di rumah-rumah. Gordyn biasanya terbuat dari kain, Bahan kain yang dipilih dapat menciptakan nuansa tersendiri misalnya beludru yang elegan, sutra, tenun eksotis, atau bahan kain bertekstur lainnya. Motif dan warna yang digunakan perlu dipertimbangkan agar serasi dengan interior ruangan.

Roller Blinds

Kerai jenis ini jika dibuka maka akan menggulung keatas. Bahan dari tirai ini menggunakan beberapa pilihan bahan seperti kain, kanvas, kulit atau bahan katun. Roller blinds sangat cocok untuk diaplikasikan di ruang direksi, kantor manajemen, caffe, bahkan rumah tinggal yang mempunyai ukuran jendela besar.

Roman Blinds

Jika di dibuka ke atas, roman blinds  akan membentuk lipatan-lipatan horizontal yang cantik meskipun bahan yang digunakan tidak sekaku roller blinds. Sangat cocok untuk konsep modern atau minimalis.

Vertical Blinds

Tirai jenis ini dibuka-tutup dengan cara menggeser dengan dibantu seutas tali, menggulung ke samping kanan/kiri, atau dilipat. Vertikal blinds merupakan tirai dengan bilah bilah vertikal berukuran lebar 10-12cm yang berjajar. Bahan dari tirai ini menggunakan beberapa pilihan bahan seperti kain, kanvas. Banyak dipakai untuk ruang perkantoran umum.

Horizontal Blinds

Kerai adalah tirai yang terbuat dari non kain. Jenis ini memberikan privasi pada ruangan.Bentuk ini sangat efisien dan memberi karakter kuat pada ruangan berupa bilah bilah memanjang/horizontal jendela. Bahan horizontal blinds dari kayu, aluminium, atau kertas.

 

Semoga Bermanfaat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.