Mengenal Jenis Lantai Kayu Parket

lantai parket

Mengenal Jenis Lantai Kayu Parket

Parket adalah lantai kayu yang diterapkan pada lantai dengan tujuan untuk meningkatkan estetika bangunan, khususnya bagian dalam interior. Lantai kayu parket merupakan lantai yang sangat indah untuk menghiasi rumah anda karena memiliki karakteristik dan serat, serta warna yang berbeda beda. Karena memiliki karakteristik yang berbeda, tentunya lantai kayu ini memiliki kualitas dan tingkat kekuatan yang berbeda pula.

Jenis parket sendiri sangatlah bermacam-macam, Dari jenis solid wood yang terbuat dari potongan kayu kecil seperti kayu jati dan ada juga jenis engineering parket, Dimana pada bagian atas dari parket ini hanyalah berupa lapisan tipis (veneer) dan di bagian bawahnya dapat dibuat dari multiplek ataupun plywood.

lantai parket

Ada beberapa jenis lantai kayu yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut :

Kayu Solid Wood

Terbuat dari kayu asli, Berntuknya menyerupai lantai kayu yang berbentuk lembaran panel-panel dan memiliki celah yang memudahkan pemasangannya. Sehingga Anda sendiri bisa langsung memasangnya tanpa harus meminta tolong tenaga tukang. Kelebihan Parket kayu solid mempunyai penampilan yang lebih bagus atau menarik karena langsung dari pohon dan untuk keawetan lebih baik dari pada jenis lantai kayu lainnya, Rata-rata ketebalan kayu solid antara 1,5 cm sampai 2,2 cm.

Lantai Kayu Laminated ( Lantai Kayu Laminasi / HDF )

bahan kayu laminated terbuat dari kayu sintetis atau laminated mempunyai penampilan yang bagus, karena lapisan atasnya masih menggunakan lapisan kayu (veneer).  Serbuk kayu yang dipadatkan inilah yang disebut HDF (high density fiber). Seperti halnya lantai kayu engineered, diatas permukaan HDF juga diberi lapisan pelindung yang fungsinya untuk mencegah goresan. Lantai kayu HDF dengan ketebalan lapisan pelindung yang tinggi cocok digunakan untuk ruangan yang banyak digunakan orang berjalan. Harganya pun relatif lebih murah dibandingkan lantai parket yang berasal dari kayu solid.

Syarat menerapkan parket pada lantai

Sebelum memasang parket pada lantai, perhatikan kebersihan lantai dasarnya untuk memastikan lantai parketnya tidak lembab dan keropos dikemudian hari. Diantara lantai dasar dengan lantai parket diberikan lapisan underlayer berbahan seperti plastik tipis, Agar menahan uap air dari lantai floor naik ke atas lantai parket.

 

Semoga Bermanfaat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.