Pilihan Karpet Yang Tepat Dan Sesuai Kebutuhan

Pilihan Karpet Yang Tepat Dan Sesuai Kebutuhan

Jika Anda berpikir untuk memasang karpet sebagai pelapis lantai untuk menjaga rumah serta ruangan yang nyaman, Anda telah memilih cara yang tepat. Di musim dingin, kadang untuk bangun dari kasur menjadi hal sulit, apalagi melangkah ke lantai keramik yang dingin. Jika ingin menghindari hal ini, memasang karpet sebagai pelapis bisa menjadi salah satu pilihan.

Pilihan karpet yang variatif, kegunaan karpet juga semakin beragam. Jadi, tentukan dahulu karpet seperti apa yang kamu butuhkan? Setelah itu, temukan yang tepat dengan mengenali jenis-jenis karpet berikut ini:

Jenis Karpet Berdasarkan Bentuknya

  • Karpet Permadani

Karpet ini sering ditemukan di ruangan yang santai, seperti ruang keluarga dan kamar tidur. Biasanya karpet permadani dipakai untuk mempercantik ruangan dan alas duduk, agar lebih santai dan hangat.

  • Karpet Tile

Bentuknya menyerupai ubin atau keramik dengan garis dan warna berkesinambungan. Bentuknya terkesan sederhana dan elegan. Jenis karpet ini umumnya berada di ruangan yang luas, seperti ballroom, ruangan pertemuan, dan sebagainya.

  • Karpet Meteran

Karpet ini dijual dalam meteran dengan ukuran yang bisa disesuaikan kebutuhan pembeli. Banyak ditemukan di tempat ibadah, untuk sajadah atau di acara-acara tertentu.

Jenis Karpet Berdasarkan Motifnya

  • Modern

Motifnya lebih sederhana, namun memberikan kesan elegan. Memadukan unsur garis dan warna, untuk menciptakan suasana imbang dan selaras.

  • Klasik

Motifnya kental dengan unsur seni dengan banyak hiasa di pinggirannya. Contohnya seperti karpet permadani persia.

Jenis Karpet Berdasarkan Konstruksinya

  • Cut Pile/Tuften (Berumbai)

Umumnya dibuat oleh mesin dan memiliki bulu. Disebut juga karpet bulu dengan tekstur seperti rambut atau tanpa dianyam.

  • Loop Pile (Dianyam)

Sebaliknya, karpet ini bulunya menyambung atau dianyam. Ada yang dibuat dengan mesin dan ada juga yang disulam dengan tangan.

 

 

Pilih Karpet Sesuai Ruangan di Rumah

  • Kamar Tidur

Sebaiknya karpet di kamar tidur memakai warna gelap dan tak bermotif. Ini agar tercipta suasana menenangkan dan membuatmu mudah terlelap. Untuk ukuran, jauh lebih nyaman bila menggunakan karpet yang memenuhi seluruh lantai ruangan.

  • Ruang Keluarga dan Ruang Tamu

Kamu cenderung bebas memilih jenis karpet untuk kedua ruangan ini. Fokus utamanya hanya pada karpet yang mudah dirawat dan dibersihkan. Dua ruangan ini membuat karpet yang diletakkan cenderung cepat kotor. Jadi, untuk memudahkan membersihkan pilihlah jenis karpet yang minim perawatan dan awet.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.