Tips Memilih Vinyl Lantai Untuk Rumah Idaman Masa Kini

vinyl flooring di toko dekorasi interior jogja

Tips Memilih Vinyl Lantai Untuk Rumah Idaman Masa Kini

Lantai vinyl adalah salah satu material yang dapat mendukung tampilan interior dari sebuah ruangan. Lantai jenis ini akan membuat lantai rumah Anda menjadi lebih menarik, sebab jenis dan motif lantai vinyl sangat beragam dengan corak dan warna yang juga bermacam-macam.

Keunggulan Lantai Vinyl

Lantai vinyl terbuat dari 100% plastik sehingga tahan air. Ini yang membuat penggunaan lantai vinyl sangat luas. Tidak hanya di dalam ruangan seperti kamar tidur namun juga bisa untuk area kering kamar mandi dan area luar ruangan seperti teras.

Sifat tahan air lantai vinyl juga membuatnya mudah dibersihkan dan tahan noda sehingga cocok untuk ruangan dengan lalu lintas tinggi seperti dapur. Lantai vinyl juga tidak rentan mengalami penyusutan seperti solid wood.

Tips Perawatan Lantai Vinyl

  1. Untuk perawatan sangat simpel, lantai vinyl bisa dipel dengan air. Tidak perlu khawatir air merembes ke pori-pori lantai dan menimbulkan kerusakan atau keropos. Gunakan cairan pembersih lantai atau cairan pembersih khusus vinyl. Sabun, wax atau pembersih lainnya dapat menyisakan residu di permukaan lantai vinyl.
  2. Meski tahan air, tapi bukan berarti lantai vinyl bisa bertahan ketika tergenang air atau lebih parahnya, banjir. Air bisa masuk ke lapisan bawah lantai vinyl melalui celah-celah yang ada.
  3. Jika ada makanan atau minuman tumpah, segera lap untuk menghindari risiko terbentuknya noda.
  4. Lantai vinyl bisa robek jika terkena benda tajam atau gesekan ekstrem. Misalnya saat Anda memindahkan furnitur, kulkas atau benda-benda berat lainnya. Jika Anda harus memindahkan barang berat, letakkan triplek di atas lantai vinyl sebagai alas jalur pemindahan barang agar lantai vinyl tidak tergores.
  5. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan karpet di atas lantai vinyl sebagai alas furnitur berat (sofa, kasur, lemari dan sejenisnya)

Tips Memilih Lantai Vinyl

1. Tentukan jenis lantai vinyl yang Anda inginkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis lantai vinyl seperti apa yang Anda inginkan. Biasanya ini disesuaikan dengan desain dari ruangan yang ingin Anda pasangi lantai vinyl tersebut. Jenis permukaan lantai vinyl pun berbeda-beda, ada yang permukaannya memberikan tekstur, dan ada pula yang permukaannya rata / flat.

Jenis yang akan Anda pilih juga bergantung pada letak ruangan itu sendiri, apakah itu di kamar tidur, dapur atau di ruangan lainnya. Sebab hal itu akan menentukan jenis lantai vinyl apa yang harus digunakan.

2. Carilah vinyl yang mempunyai daya tahan yang baik

Perlu Anda perhatikan, lantai vinyl yang bagus dan berkualitas harus mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap air, api, tahan terhadap goresan dan juga benturan keras. Lantai vinyl yang berkualitas biasanya diberi lapisan dalam proses pengolahannya sehingga mampu untuk tidak menyerap api.

Permukaan dari lantai ini akan tetap mulus setelah terbakar dan mudah dibersihkan tanpa meninggalkan bekas, karena lantai vinyl yang bagus adalah yang permukaannya tidak akan panas atau bahkan sampai gosong apabila dibakar / terpapar api. Selain itu, vinyl yang bagus juga akan tahan terhadap goresan benda tajam, seperti kaki kursi/meja, sepatu hak, dll. Permukaan dari lantai vinyl tidak akan meninggalkan bekas yang berlebihan meskipun sudah tergores benda tajam tersebut.

3. Pilihlah vinyl yang kuat / tidak mudah patah

Kualitas dan juga tingkat keawetan dari lantai vinyl tentunya sangat ditentukan oleh tingkat kekuatan yang dimiliki oleh vinyl tersebut.

4. Perawatan yang rutin

Jika Anda ingin lantai vinyl yang tetap awet meskipun sudah digunakan untuk waktu yang lama, pastikan Anda merawatnya dengan rutin secara maksimal. Perawatan lantai vinyl cukup mudah dan praktis. Anda hanya perlu menyapunya dengan sapu biasa atau menggunakan vacuum cleaner serta mengepelnya dengan kain lembab secara teratur untuk membersihkannya.

5. Pastikan memilih merk yang berkualitas tinggi

Tips yang terakhir sekaligus yang terpenting adalah pilihlah merk lantai vinyl yang sudah teruji kualitasnya. Saat ini terdapat banyak produk lantai vinyl di pasaran dari berbagai merk, jenis, dan juga tingkat ketebalannya.

Apabila Anda berminat dengan produk-produk Nirwana Deco Jogja, silakan datang langsung ke Alamat kami di:
Jalan Gajah Mada No.53, lempuyangan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Lihat di Google Maps

Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Bagi anda yang di Yogyakarta, pengiriman bisa menggunakan kurir kami, gojek atau grab. Bagi anda yang di luar Yogyakarta, jangan khawatir, kami bantu cari jasa ekspedisi yang termurah.

Bila anda berada di daerah Semarang, Pekalongan, Pati dan sekitarnya, silahkan kunjungi showroom kami di Nirwana Deco Semarang :

 

 

 

 

 

Serta kunjungi juga penyedia Produk Folding Gate dan Rolling Door terbaik serta terlengkap di Yogyakarta dan Semarang

Nirwana Group Yogyakarta

Alamat : Jl. Gajah Mada No.53, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55112

Website : https://pintulipatrolling.com/

 

 

 

 

Nirwana Group Semarang

Alamat : Jl. Wolter Monginsidi No.789 A, Tlogosari Wetan, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50196

Website : https://anekapintu.com/

 

 

 

 

Untuk update serta testimoni proyek pemasangan Folding Gate, Rolling Door, Pintu Lipat maupun Pintu Sliding anda bisa follow akun Instagram kami nirwana.grup.

 

 

 

Anda juga bisa follow akun Instagram nirwanadeco untuk update info menarik serta testimoni pemasangan Interior seperti Wallpaper, Gordyn, Karpet Vinyl, HPL dan sebagainya. Agar anda dapat selalu mengikuti perkembangan update produk terbaru dari kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.