Tips Mendekorasi Gorden

Tips Mendekorasi Gorden

Tips Mendekorasi Gorden

Gorden biasanya dipasang pada jendela, pintu, atau penghubung antar ruangan. Salah satu fungsi gorden adalah sebagai penghalau agar aktivitas di dalam ruangan tidak terlihat atau sekedar pembatas. Fungsi lainnya juga mampu mencegah masuknya sinar matahari ke dalam ruangan. Sinar matahari yang terik dapat mengganggu kenyamanan penghuni dalam ruangan juga dapat merusak perabot yang ada di sekitarnya. Untuk mendapatkan suasana atau nuansa tertentu dalam suatu ruangan, anda dapat memilih model, motif dan warna gorden yang sesuai.

Tips Mendekorasi Gorden

Apabila pada awal perencanaan tema desain ruangan telah ditentukan, maka hal ini akan sangat memudahkan di dalam pemilihan tipe korden pada masing-masing ruang

  • Gaya Klasik dan Modern Klasik

Untuk yang bergaya klasik. Pilihan warna gorden yang selaras dengan warna ruangan sehingga menampilkan kesan teduh, nyaman dan selaras. Untuk motif, anda dapat memilih gorden dengan motif renda bunga atau lainnya, sesuai dengan nuansa ruangan yang diinginkan. Ingat bahwa dalam hal ini kreatifitas juga sangat penting dalam setiap dekorasai yang dikerjakan. Hindari penggunaan gorden dengan bahan kain yang berat, gantilah dengan bahan yang lebih lembut dan ringan, seperti satin.

  • Model Minimalis

Untuk ruangan bergaya minimalis. Gorden model ini umumnya terbuat dari kain polos (tidak bermotif) atau motifnya kecil-kecil sehingga kain terlihat “bersih”. Atau tipe dan warna gorden dengan motif yang bersifat sederhana dengan bentukkan simple atau dengan menggunakan warna-warna natural yang solid. Karena gaya ini lebih mengutamakan tekstur dan rel gorden sengaja di ekspos.

  • Gaya Modern Tradisional / Ekletik

Untuk ruang dan kamar yang bertema modern tradisional (ekletik), anda memadu padankan motif bergaya tradisional atau pemilihan bahan dan warna yang mengarah kepada warna solid yang natural mendekati warna alam, seperti broken white, warna putih gading, warna jerami, dll.

  • Model Ruang Anak-anak

Saran untuk gorden pada kamar anak, ikut sertakan mereka di dalam pemilihan motif karena akan memberikan rasa kepemilikkan dan personal sehingga mereka ikut merawatnya. Untuk anak yang masih berusia 6 s/d 15thn, motif sesuaikan dengan minat bakat mereka.

Carilah refrensi sebagai panduan

Refrensi akan sangat membantu anda untuk memberikan gambaran korden seperti apa yang akan mendukung ruangan. Sehingga memberikan informasi keinginan akan efek yang ingin ditimbulkan dan sebagai bahan diskusi dengan spesialis korden.

Carilah refrensi dari manapun juga, baik internet, media cetak ataupun dari orang-orang yang anda anggap tahu untuk informasi pemilihan bahan, motif dan tipe yang bagus untuk ruangan anda. Ini akan sangat membantu mengantisipasi kebingungan yang anda alami ketika memilih bahan, model dan tipe korden karena mengingat banyaknya bahan, motif dan tipe korden dipasaran.

Menentukan tipe Gorden / Tirai

Selain menyaring sinar matahari dan debu, tirai merupakan elemen dekoratif yang mendukung kecantikan desain ruangan. Sentuhan akhir, seperti tassel, penting diperhatikan. Pilihlah desain tirai sesuai kebutuhan.

Harga Gorden

Harga atau budget untuk membeli gorden juga menjadi pertimbangan. Yang terutama menentukan harga suatu gorden antara lain bergantung pada bahan yang dipilih, model dan aksesories pelengkap gorden.

Setiap bahan mempunyai tingkat harga yang berbeda sehingga akan mempengaruhi harganya. Semakin rumit model juga akan menambah tingkat harganya. Selain itu, model juga mempengaruhi banyaknya bahan yang akan dipakai. Misalnya, model gorden yang memakai poni membuat penggunaan bahan lebih banyak.

Yang dapat menambah budget Anda adalah aksesoris pelengkap seperti tassel yaitu tali yang berfungsi mengikat gorden pada saat dibuka. Atau model baru untuk mengikat kain gorden adalah dengan curtain holder, yang mirip dengan sanggul dimana gorden dibuka dengan cara disanggul pada bagian tengahnya. Pelengkap lainnya adalah rel tempat menggantungkan gorden yang terbuat dari kayu, besi atau kuningan yang harganya berbeda.

Semoga Bermanfaat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.