Mengenal Jenis Kain Pelapis Sofa

pemasangfan kain sofa

Mengenal Jenis Kain Pelapis Sofa

 

Banyaknya jenis pelapis sofa membuat kita bingung untuk memilih pelapis sofa yang cocok. Dalam memilih pelapis  sofa, poin-poin yang perlu diperhatikan tidak hanya selalu warna ataupun model. Salah satu hal penting yang juga harus diperhatikan adalah pemilihan bahan atau kain pelapis  yang ada pada sofa tersebut.

Diantara berbagai jenis bahan atau kain sofa yang beredar di masyarakat, bahan kain adalah salah satu jenis pelapis sofa yang banyak dipilih. Beberapa jenis kain yang memiliki tekstur halus dan mampu menyerap panas tubuh membuat bahan ini terasa nyaman saat diduduki dalam jangka waktu yang lama.

Berikut ini adalah jenis-jenis bahan kain yang dapat anda pilih:

1. Katun

Katun merupakan jenis kain yang paling sering dipilih sebagai pelapis sofa. Bahan ini terbuat dari tenunan yang semakin rapat jalinan benangnya, akan semakin baik kualitasnya dan nyaman diduduki. Harganya pun cukup terjangkau dan tersedia dalam beragam pilihan warna dan motif. Kekurangan bahan ini adalah tidak tahan lama karena bahan lebih beresiko cepat robek atau warna memudar dan memerlukan perawatan berkala agar tidak ditumbuhi jamur.

2. Polyester

Polyester merupakan bahan kain pelapis sofa yang tidak mudah sobek dan tersedia dalam berbagai macam motif. Kain polyester yang digunakan untuk pelapis sofa biasanya merupakan polyester campuran. Campuran kain polyester biasanya adalah wool. Keunggulan bahan ini adalah daya tahannya yang tinggi karena memiliki daya serap yang rendah terhadap air, dan mudah terlipat.

3. Linen

Linen merupakan kain jenis pelapis sofa yang terbuat dari serat alami. Rendahnya kemampuan bahan menyerap tinta membuat bahan linen umumnya tampil polos tanpa motif. Bahan pelapis ini sangat lembut, mudah berkerut dan cenderung lebih panas. Kain linen memiliki karakteristik yang cukup kuat apabila perawatan dilakukan dengan benar.

4. Akrilik

Dibandingkan dengan bahan lain, bahan akrilik lebih tahan terhadap panas matahari, cepat kering jika terkena cipratan air, ringan dan tahan lama. Bahan ini cocok digunakan di area outdoor. Kain akrilik ini memiliki tekstur yang sangat halus, ringan, adem, dan tidak membuat iritasi kulit.

5. Nilon

Bahan ini juga cukup populer sebagai pelapis sofa karena bahannya yang tahan air, tidak mudah robek dan tahan lama. Nilon merupkan bahan pelapis sofa yang memiliki daya tahan yang cukup tinggi dan tidak mudah mengelupas. jika tidak dirawat dengan baik bahan nilon ini mudah mengerut.

6. Chenille

Bahan chenille merupakan bahan yang tengah populer saat ini. Bahan pelapis sofa yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan nyaman mirip dengan bahan corduroy. Meskipun sangat halus, bahan ini tidak tahan air dan sulit dibersihkan jika terkena noda.

Semoga Bermanfaat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.